Recruitment

Dapat Pekerjaan di Awal Tahun Baru, Mengapa Tidak?

 

Pergantian tahun banyak ditandai dengan hadirnya berbagai resolusi di tahun baru. Resolusi-resolusi ini merupakan harapan dan apa saja yang ingin diraih di tahun yang baru. Salah satu resolusi yang diharapkan oleh banyak orang adalah mendapat pekerjaan baru di tahun yang baru. Harapan ini kebanyakan dimiliki oleh fresh graduate yang baru saja merasakan indahnya wisudah maupun dari karyawan yang telah lama bekerja.


Di awal tahun banyak perusahaan yang memulai proses recruitment karyawan baru. Hal ini merupakan berita baik bagi orang-orang yang memiliki keinginan untuk mendapatkan pekerjaan di awal tahun. Dengan semangat baru dan peluang yang terbuka, mewujudkan resolusi untuk mendapatkan pekerjaan di tahun 2018 ini bukanlah suatu hal yang sulit, bukan? Selagi semangat yang masih segar, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut dalam rangka memenuhi harapan tahun baru Anda:


Berhenti Menjadi Pasif

Jika keinginan Anda untuk resign dari kantor sudah ada sejak tahun lalu atau keinginan untuk mencari pekerjaan sudah muncul sejak tahun lalu. Namun Anda masih belum menemukan pekerjaan yang sesuai. Hal ini bisa saja disebabkan Anda terlalu pasif dalam mencari informasi lowongan pekerjaan. Anda harus mulai aktif dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan kemampuan Anda. Salah satu caranya adalah mencari iklan lowongan di berbagai situs lowongan kerja yang ada. Jika Anda masih ragu dengan iklan yang ada, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti job fair untuk menemukan prospek pekerjaan yang sesuai untuk Anda.


Perbaharui CV Anda

Curicullum Vitae (CV) merupakan media pertama dimana perusahaan melihat siapa Anda. Mulai tahun baru ini dengan memperbaharui prestasi yang telah Anda raih satu tahun belakangan, pengalaman kerja, pengalaman mengikuti project-project tertentu. CV Anda harus dapat ‘menjual’ diri Anda dengan maksimal. Tunjukkan seluruh kemampuan dan beritahu pada perusahaan bahwa Anda layak menjadi bagian dari mereka dalam lembaran CV Anda. Pastikan semua informasi yang tercantum di CV Anda mencermin siapa Anda sebenarnya dan informasi-informasi yang benar berkaitan dengan Anda.


Tidak Mudah Menyerah

Semangat baru dan segar tentu masih ada pada diri Anda di awal tahun ini. Jangan biarkan semangat ini padam dengan kegagalan yang mungkin Anda temukan di awal tahun ini. Sebaliknya kegagalan yang Anda temui di awal tahun merupakan pembelajaran kesalahan yang tidak boleh Anda ulangi di kesempatan berikutnya. Melakukan kesalahan di awal tahun masih memberikan Anda kesempatan untuk memperbaikinya di bulan-bulan yang akan datang. Jadi, jangan mudah menyerah dalam berusaha.


Buka Lagi Koneksi Anda

Rekan-rekan Anda semasa kuliah atau rekan-rekan Anda di kantor yang lama mungkin dapat membantu Anda dalam mencari kesempatan. Hubungi lagi teman-teman lama dan jalin komunikasi yang baik. Momen tahun baru dapat menjadi alasan yang bagus untuk kembali berkomunikasi dengan teman lama. Manfaatkan momen ini untuk mencari tahu apakah ada kesempatan yang bagus untuk meningkatkan karir Anda kedepannya.


Lakukan Intropeksi dan Perbaiki Diri

Di awal tahun, ada baiknya Anda memulai dengan intropeksi diri dan menggali kesalahan-kesalahan yang pernah Anda lakukan di tahun lalu. Apakah Anda merupakan pekerja yang tidak disiplin? Atau Anda terlalu keras kepala? Semakin cepat Anda menemukan kelemahan Anda, semakin cepat dan tepat usaha Anda dalam memperbaikinya. Melakukan intropeksi kepada diri sendiri mungkin dapat membantu mencari alasan apa yang menyebabkan kesempatan itu tidak segera datang kepada Anda.


Perbaharui Profil di Media Sosial

Ada baiknya Anda mulai memperbaharui profil Anda di Linkedln atau facebook Anda. Profil yang nampak profesional akan membuat Anda dilirik lebih cepat dengan perusahaan tempat Anda melamar. Menurut Feon Ang, Vice President Talent and Learning Solutions LinkedIn untuk wilayah Asia Pasifik, merekrut calon karyawan melalui media sosial sudah menjadi hal yang lumrah di berbagai negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, dan Singapura. Indonesia merupakan salah satu negara yang mulai mengikuti tren perekrutan karyawan dengan melihat profil sosial media ini. Jadi, semakin baik Anda mengelola profil Anda, semakin besar peluang Anda mendapatkan pekerjaan di awal tahun ini, bukan?


Berdoa

Pada akhirnya semua usaha yang Anda lakukan akan kembali kepada Tuhan. Sebaik-baiknya manusia berusaha, Tuhan yang menentukan hasilnya. Ada baiknya Anda terus berdoa untuk keberhasilan Anda dalam mencari dan menemukan kesempatan yang tepat. Berdoa akan membuat perjuangan Anda menjadi lebih penuh makna. Selain itu, dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, Anda akan lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan. Hal ini penting untuk mencegah Anda menyerah terlalu cepat.


Itulah beberapa hal yang diperhatikan dalam rangka memenuhi resolusi tahun 2018 Anda. Ada baiknya Anda terus berusaha dan percaya bahwa kesempatan akan selalu datang disaat yang tepat. Jika Anda memulai berusaha mencari kesempatan meningkatkan karir secepat mungkin, tidak menutup kemungkinan semakin cepat pula Anda menemukan apa yang Anda cari.


 

Author


Avatar