Uncategorized

Gagal Mendapat Promosi? Inilah Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Kesempatan untuk dipromosikan merupakan kesempatan besar dan ditunggu oleh banyak orang. Karena alasan inilah, biasanya orang-orang bekerja lebih keras dari yang lain. Namun adakalanya, kesempatan promosi tidak datang kepada Anda. Walaupun Anda merasa telah loyal terhadap perusahaan atau telah bekerja keras belakangan ini. Lebih menyakitkan lagi, jika ternyata yang mendapatkan promosi adalah orang terdekat dengan Anda di kantor. Lalu bagaimana mengatasi perasaan kecewa ini agar tidak menganggu kinerja Anda di kantor?


Kecewa Sebentar Lalu Lepaskan
Rasa kecewa sangat wajar timbul ketika Anda menghadapi keadaan seperti ilustrasi diatas. Namun yang perlu disadari bahwa kekecewaan dapat menghalangi kinerja Anda di kantor. Untuk itu, segera lepaskan rasa kecewa dan berusaha untuk ikhlas. Tidak mudah memang. Tapi selalu ingat untuk selalu melihat kesempatan ditengah  keterpurukan sekalipun. Bisa jadi, ada kesempatan lebih baik dan menjanjikan untuk karir Anda di kesempatan yang lain.

Cari Tahu Apa yang Salah
Mungkin Anda merasa sudah lebih baik dan bekerja keras di tempat kerja. Lalu kenapa Anda tidak mendapatkan promosi tersebut? Bisa jadi ada beberapa kekurangan dalam diri Anda yang tidak Anda ketahui. Segera intropeksi diri dan perbaiki diri Anda menjadi lebih baik. Kumpulkan informasi-informasi yang bisa saja mengganjal  Kesempatan promosi Anda.

Tetap Professional di Tempat Kerja
Kehilangan satu kesempatan promosi, jangan sampai membuat Anda memutuskan untuk tidak bersikap Professional di tempat kerja. Semakin Anda menunjukkan sisi professional Anda di tempat kerja, semakin besar kesempatan Anda mendapatkan promosi jabatan lain yang lebih menjanjikan. Menunjukkan kekecewaan Anda di tempat kerja, bukanlah sikap yang bijak karena dapat mempengaruhi hubungan dengan rekan kerja. Jika merasa harus meluapkan kekecewaan, Anda bisa mengekspresikannya pada orang di luar perusahaan.

Putuskan Apa Harus Bertahan atau Meninggalkan Perusahaan
Keputusan untuk tetap bertahan atau meninggalkan perusahaan, sepenuhnya merupakan hak Anda. Pikirkan hal tersebut dengan tenang dan tanpa ada campur tangan kekecewaan yang mungkin masih Anda rasakan. Jika Anda merasa bahwa hal ini merupakan kesempatan yang tertunda, Anda bisa bertahan. Jika Anda merasa tidak akan berkembang, maka resign merupakan pilihan yang lebih baik.

Itulah beberapa hal yang mungkin dapat Anda lakukan jika kesempatan promosi hilang dari genggaman Anda. Selalu ingat bahwa kerja keras Anda layak mendapat apresias dan penghargaan. Pengalaman atas kegagalan yang Anda alami saat ini, jadikan pengalaman untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Author


Avatar