Employee Data

Lewati Masa Percobaan Dengan 3 Langkah Mudah

Sebelum mempekerjakan karyawan baru, perusahaan biasanya akan menetapkan masa percobaan untuk karyawan baru tersebut. Dilansir melalui Tempo.com, menurut Endarnia Carolina, masa percobaan penting untuk melihat kinerja karyawan apakah sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan atau tidak. Selain kinerja, perusahaan cenderung melihat kecocokan gaya bekerja calon karyawan dengan budaya perusahaan. Hal ini penting untuk mendukung perusahaan mencapai hasil optimal dengan budaya perusahaannya.

Masa percobaan yang berlaku di setiap perusahaan berbeda-beda. Rata-rata mereka menawarkan masa percobaan 2-3 bulan untuk melihat kinerja karyawan sebelum akhirnya menjadi karyawan tetap.

Walaupun terdengar sepele, banyak karyawan baru yang gagal memperpanjang kontraknya setelah masa percobaan. Hasil survei dari agensi rekrutmen Spring Personnel, seperti dilansir morton-fraser.com, mengatakan sebanyak 1 dari 5 karyawan gagal dalam masa percobaan. Manager merasa ragu akan kinerja karyawan merupakan salah satu alasan mengapa karyawan gagal dalam masa percobaan. Alasan lainnya adalah tingkat kehadiran karyawan yang rendah sehingga membuat manager tidak segan untuk memberhentikan mereka.

Lalu bagaimana cara untuk dapat bertahan pada masa percobaan? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan


Berhenti Berkata Tidak
Lingkungan baru menuntut seseorang untuk terus belajar. Hal ini yang biasa terjadi pada karyawan baru. Banyak hal dan pengetahuan baru yang membuat mereka terintimidasi sehingga seringkali berkata “tidak”, “tidak tahu”, dan “tidak bisa” pada suatu perintah yang ia terima. Jika Anda menemui pekerjaan yang belum pernah Anda lakukan atau ketahui sebelumnya, lebih baik Anda tidak menolaknya tapi menjanjikan untuk mencobanya atau setidaknya mencari tahu dulu. Sikap ini memang terlihat sepele tapi perusahaan akan terkesan pada sikap mau belajar dan mau maju yang Anda tunjukkan.

Ingat, Malu Bertanya Sesat di Jalan
Barangkali pepatah yang mengatakan malu bertanya sesat dijalan, ada benarnya. Anda berada di lingkungan baru yang belum Anda kenal sepenuhnya. Jika Anda merasa tidak mengerti akan satu hal, lebih baik segera Anda tanyakan pada rekan kantor. Semakin Anda tahu tentang budaya organisasi yang berlaku, semakin cepat Anda menyesuaikan diri.

Rendah Hati
Berada di lingkungan dengan karakter individu yang berbeda, memaksa Anda untuk tetap bersikap rendah hati. Anda tidak perlu menunjukkan hal-hal yang tidak perlu dan tidak berkaitan dengan kinerja Anda. Lebih Anda tetap fokus pada pekerjaan dan bersikap rendah hati pada semua orang.

Berikan yang Terbaik
Anda telah menyusun target untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat Anda bekerja. Anda harus memberikan kemampuan terbaik Anda untuk dapat mewujudkan target Anda tersebut. Keluarkan semua inovasi dan ilmu yang Anda miliki sebelumnya. Selesaikan pekerjaan tepat waktu dan tetap datang tepat waktu setiap bekerja. Dengan begitu perusahaan akan cepat terkesan dan status karyawan tetap akan segera menjadi milik Anda.

Jadi, tetap semangat dan berusaha memberikan yang terbaik adalah kunci untuk melewati masa percobaan. Masa percobaan tidaklah sesulit seperti yang Anda bayangkan. Cukup menjadi diri sendiri dan memberikan yang terbaik, masa percobaan akan terasa cepat untuk dilalui.

Author


Avatar