HR Update, THR

Lebaran sebentar lagi, gunakan THR mu dengan bijak

Bulan ramadhan 1439h telab tiba. Merupakan bulan penuh berkah yang sangat dinanti bagi umat muslim di seluruh dunia khususnya di indonesia. Pada akhir bulan ramadhan pekerja di indonesia akan mendapatkan tunjangan hari raya, tambahan pendapatan diluar gaji yang akan diperoleh oleh karyawan menjelang hari raya idul fitri. Biasanya THR dibagikan 7 sampai 14 hari sebelum hari raya Idul Fitri. Dengan adanya penambahan cuti bersama sebelum hari raya idul oleh pemerintah maka kemungkinan perusahaan juga akan membagikan THR lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Mendapatkan THR memang hal yang menggembirakan bagi karyawan. Namun anda harus bijak dalam menggunakan tunjangan yang hanya didapatkan setahun dalam sekali ini. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam penggunaan dana thr secara bijak :

1. Rencanakan mudikmu dan kebutuhan hari raya

Pada dasarnya pemberian tunjangan hari raya diberikan untuk pengeluaran pada saat kamu berlebaran dengan keluarga dirumah. Momen lebaran begitu kental dengan kegiatan mudik, silaturahmi, baju baru, amplop (angpao) dll. Bagi kamu yang bekerja jauh dari kampung halaman, mudik bisa menjadi pengeluaran wajib buat kamu. Pesanlah tiket mudik sejak jauh hari agar bisa mendapatkan tiket mudik dengan harga yang lebih murah. Kebutuhan lebaran seperti kue lebaran dan parcell juga merupakan kebutuhan yang pasti dalam menyambut
silaturahmi dengan keluarga. Rencanakan kebutuhan financial kegiatan dan mudik lebaranmu secara detail. Lakukan perencanaan tercatat maka hal ini akan membantumu ingat mana yang menjadi kebutuhan prioritas dan mana yang tidak.

2. Sisihkan untuk tabungan

Meskipun kebutuhan lebaran yang cukup besar namun kamu juga harus bijak untuk tidak menggunakan seluruh THR kamu untuk kebutuhan lebaran. Dari hasil perencanaan yang sudah dibuat diatas sisihkan sisanya untuk menambah tabungan kamu. Salah satu perencanaan keuangan yang baik adalah sebaiknya seseorang menyisihkan sebagian uangnya untuk tabungan dan dapat menggunakanya sebagai biaya tak terduga. kamu bisa menyisihkan uang THR kamu untuk disimpan sebagai tabungan atau uang jaga – jaga apabila ada kebutuhan yang
tak terduga.

3. Sisihkan untuk investasi

Apabila kamu sudah merasa uang tabungan kamu masih cukup sementara THR kamu masih sisa. Tidak ada salahnya untuk menggunakan sisa THR kamu untuk investasi. Meski kecil investasi diperlukan untuk kebutuhan masa depan. Kamu dapat mengalokasikan dana tidak terpakai kamu dari sisa hasil THR untuk berbagai instrumen investasi yang ada seperti asuransi, pasar modal, pasar uang, dsb.

4. Gunakan untuk keluarga

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas lebaran kental dengan suasana silaturahmi. Biasanya pada saat lebaran orang orang yang sudah berpenghasilan memberikan uang saku kepada anak kecil berupa angpao. Sisihkan hasik THR kamu untuk sekeda rmemberi angpao untuk anak kecil dan keponakan disekitarmu. Memberi angpao ke orang tua sebagai rasa syukur atas rezekimu juga sah sah aja kok.

5. Sisihkan untuk sedekah dan berbagi

Mudik, tabungan, investasi, keluarga sudah semua. Tidak ada salahnya kalau kamu menyisihkan hasil THR kamu untuk sekedar bersedekah dan berbagi. Bagi pekerja muslim kamu dapat membayar zakat menjelang hari raya Idul Fitri dengan menyisihkan 2.5% dari penghasilan kamu. Atau kamu juga dapat bersedekah ke anak yatim atau kaum dhuafa. Dengan bersedekah maka kamu membagi hasil pekerjaanmu kepada orang orang yang membutuhkan.

Author


Avatar