HR Update

Pentingnya sense of belonging karyawan di perusahaan anda

Apabila ada sebuah pertanyaan tentang apakah asset terpenting dari sebuah perusahaan. Maka jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan diatas adalah karyawan. Mengapa karyawan? Mengapa bukan mesin atau gedung yang memiliki nilai ekonomis tinggi? Karyawan merupakan aset yang paling penting bagi perusahaan karena karyawan adalah motor bagi perusahaan itu sendiri. Maju tidaknya sebuah perusahaan ditentukan dari bagaimana visi misi perusahaan menjadi satu dengan visi misi karyawan dalam bekerja. Saat visi misi telah menjadi satu maka pendapatan perusahaan akan mengikuti. Karena merupakan asset berharga bagi perusahaan, karyawan haruslah di maintain dengan baik agar tujuan bersama dapat dicapai. Agar tujuan bersama dapat tercapai karyawan sebaiknya memiliki sense of belonging terhadap perusahaan. Sense of belonging atau rasa memliki sebuah perusahaan merupakan perasaan cinta terhadap perusahaan sehingga karyawan merasa ikut memiliki perusahaan tersebut meskipun karyawan tersebut tidak memiliki saham dalam perusahaanya. Perasaan ini kemudian dengan sendirinya akan memunculkan rasa memiliki tanggung jawab yang kuat akan perusahaan dimana mereka bekerja. Sense of belonging akan memacu karyawan untuk bekerja dengan sungguh sungguh dalam mencapai tujuan bersama, dalam hal ini tujuan perusahaan dan tujuan karyawan telah menjadi tujuan bersama. Dalam artian apabila tujuan tersebut telah tercapai maka kedua belah pihak akan sama-sama diuntungkan. Sense of belonging terdengar seperti sesuatu yang sulit untuk ditumbuhkan di diri karyawan. Namun hal itu bukanlah hal mustahil untuk dimaintain. Lalu bagaimanakah cara menumbuhkan sense of belonging pada diri karyawan? Berikut beberapa caranya :

1. Ciptakan hubungan emosional terhadap semua karyawan.
Hubungan emosional sangatlah perlu antar karyawan di perusahaan anda. Menciptakan hubungan emosional yang erat akan membantu anda dan karyawan saling mengenal. Apabila anda telah mengenal satu sama lain maka mengajak mereka untuk maju bersama akan jadi lebih mudah. Perasaan emosional yang membuat anda dan karyawan mengenal satu sama lain memberikan akses kepada kita untuk mengetahui permasalahan karyawan dan merupakan jalan untuk saling berbagi solusi.

2. Tumbuhkan rasa kekeluargaan dalam organisasi perusahaan.
1/3 dari waktu yang dimiliki oleh seorang karyawan dalam sehari dihabiskan di kantor. Sehingga waktu dikantor merupakan waktu yang cukup berharga bagi karyawan. Memiliki rasa kekeluargaan dimanapun seseorang berada, akan membuat mereka nyaman dalam mengerjakan sesuatu. Begitu juga karyawan, memiliki rasa nyaman bekerja seperti berada dalam lingkup keluarga sendiri akan memacu karyawan untuk bekerja lebih optimal. Rasa kekeluargaan ini akan memunculkan rasa memiliki atau sense of belong yang besar untuk perusahaan. Anda dapat sesekali melakukan family gathering untuk berkumpul bersama diluar jam kerja dan menjalin kekerabatan antar karyawan. Atau apabila waktu yang dan tempat yang cukup sulit untuk melakukan family gathering, menjalin keakraban bisa juga dilakukan dengan sekedar makan malam bersama atau bahkan bermain game bersama. Pada intinya buatlah karyawan anda senyaman mungkin seperti mereka berada di keluarga mereka sendiri.

3. Memberikan akses kesempatan karir yang sama bagi setiap karyawan.
Tujuan utama dari seorang karyawan pastilah berhubungan dengan karir mereka dalam bekerja. Meskipun jenjang karir yang tersedia di perusahaan terbatas, setidaknya berikan peluang yang sama bagi semua karyawan untuk maju bersama. Tidak semua orang baik di segala bidang. Berikanlah kesempatan bagi karyawan untuk menggali potensi mereka dan berkontribusi lebih bagi perusahaan. Lakukan sesi sharing discussion untuk berbagi ide menarik dan melihat potensi yang dimiliki oleh setiap individu. Dengarkan masing masing ide dari mereka dengan baik dan berikanlah respon positif atas ide ide yang telah diberikan. Merasa didengarkan dan diberikan respon positif akan memberikan perasaan bahwa mereka telah diapresiasi dan dianggap penting dalam perusahaan. Apabila ide yang diberikan sama dengan tujuan perusahaan maka goal yang ingin dicapai perusahaan dengan goal yang ingin dicapai oleh karyawan telah sama. Dengan begini sense of belong karyawan akan muncul dengan sendirinya.

4. Berikan apresiasi lebih atas kontribusi karyawan dalam memajukan perusahaan.
Karyawan bekerja dan perusahaan memberikan upah atas hasil kerja karyawan. Begitulah hukum yang berlaku semestinya. Namun disaat anda melihat karyawan memberikan kontribusi lebih bagi perusahaan, jangan segan untuk memberikan mereka apresiasi yang lebih. Bila kontribusi yang diberikan oleh karyawan berdampak besar bagi keuntungan perusahaan berikanlah apresiasi dalam wujud finansial seperti bonus. Namun kontribusi kecil seperti memberikan ide ide atau masukan bagi perusahaan, juga perlu diverikan apresiasi. Tidak selalu harus dalam wujud finansial asalkan apresiasi tersebut dapat memberikan motivasi bagi karyawan untuk berbuat lebih. Saat karyawan termotivasi untuk berbuat lebih maka artinya kecintaan merrka terhadap perusahaan trlah meningkat. Dan sense of belong yang dimiliki karyawan atas perusahaan telah meningkat.

Dengan cara-cara diatas, seseorang dapat mempunyai rasa memiliki terhadap suatu pekerjaan dalam perusahaan sehingga akan dapat saling bekerja sama dengan baik untuk mensukseskan tujuan perusahaa karena secara tidak langsung mereka akan merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang ia kerjakan dengan baik.

Author


Avatar