Tips

Mengenal organisasi stuktur yang baik untuk perusahaan anda

Perusahaan adalah sebuah organisasi yg dibentuk oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang memiliki tujuan ekonomis bagi seluruh anggota organisasi tersebut.  Sebuah perusahaan tidak akan mencapai tujuanya secara efektif apabila tidak memiliki sebuah susunan organisasi atau team yang baik.  Sebuah susunan organisasi atau team yang efektif haruslah memiliki suatu rumusan struktur organisasi yang jelas. Rumusan struktur ini akan menjelaskan kepada seluruh anggota organisasi tugas dan tanggung jawab dari tiap tiap individu atau departemen yang ada. Struktur organisasi sendiri dapat dimaknai sebagai suatu susunan komponen-komponen atau unit-unit kerja atau departemen dalam sebuah organisasi. 

Struktur organisasi menunjukan bahwa adanya pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang dikoordinasikan. Dan selain itu struktur organisasi juga menunjukkan mengenai spesialisasi-spesialisasi dari pekerjaan, saluran perintah maupun penyampaian laporan.

 

Secara detail organisasi struktur dalam sebuah perusahaan memiliki fungsi sebagai berikut :

 

1. Pembagian tanggung jawab

Setiap anggota organisasi atau karyawan memiliki job desc yang berbeda beda.  Mereka memiliki tugas pokok dan fungsi sendiri sendiri namun saling berkaitan.  Karyawan tidak dapat memiliki tugas pokok dan fungsi yang sama dengan yang lain, karena dapat menyebabkan tumpang tindih wewenang dan tanggung jawab.  Misalnya saja seorang perusahaan tidak dapat memiliki 2 branch manager sekaligus karena selain menjadi rancu akan menghambat pengambilan keputusan secara cepat.  Idealnya memang dalam suatu perusahaan hanya terdapat 1 pimpinan apabila memang diharuskan adanya 2 pemimpin maka dapat dibedakan tanggung jawabnya misal manager a bertanggung jawab atas area tertentu dan manager b bertanggung jawab atas area lainya. 

 

2. Memperjelas kedudukan dan garis koordinasi

Struktur organisasi menjelaskan kedudukan dan posisi dari masing-masing anggota. Dalam hal ini melalui bagan struktur organisasi dapat memperjelas alur komunikasi antar tim. Garis koordinasi sendiri merupakan alur komunikasi yang digunakan oleh karyawan untuk menentukan siapa melapor kepada siapa dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan pembagian tanggung jawab yang jelas. 

 

3. Pengendalian dan pengawasan

Adanya struktur organisasi penting untuk pengendalian dan pengawasan dari seorang pimpinan terhadap bawahannya. Tercapainya tujuan dari berdirinya suatu bisnis adalah melalui pengendalian dan pengawasan rutin untuk melakukan evaluasi kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing anggota.

 

Bisnis yang ideal adalah bisnis yang dijalankan dari tim yang terkoordinasi dengan baik dan benar. Tujuan berdirinya suatu bisnis sangat ditentukan dari kerjasama tim yang terkoordinasi tugas dan fungsinya melalui struktur organisasi.

 

Setelah mengenal apa itu struktur organisasi,  fungsi beserta peranan pentingnya terhadap sebuah perusahaan.  Anda juga perlu mengetahui bahwa tidak semua struktur organisasi dapat disamakan untuk semua perusahaan apalagi yang memiliki jenis indsutri yang berbeda. Susunan  Struktur organisasi yang berlaku di perusahaan manufaktur mungkin dapat berbeda untuk susunan struktur organisasi di perusahaaan distribusi.  Untuk itu perlu diketahui pula jenis jenis struktur organisasi yang cocok untuk perusahaan. 

 

Struktur Organisasi Fungsional

Struktur Organisasi Fungsional (Functional Structure Organization) merupakan Struktur Organisasi yang paling umum digunakan oleh suatu organisasi. Pembagian kerja dalam bentuk Struktur Organisasi Fungsional ini dilakukan berdasarkan fungsi manajemennya seperti Keuangan, Produksi, Pemasaran dan Sumber daya Manusia. Karyawan-karyawan yang memiliki keterampilan (skill) dan tugas yang sama akan dikelompokan bersama kedalam satu unit kerja. Struktur Organisasi ini tepat untuk diterapkan pada Organisasi atau Perusahaan yang hanya menghasilkan beberapa jenis produk maupun layanan. Struktur organisasi bentuk ini dapat menekan biaya operasional namun mengalami kesulitan dalam berkomunikasi antar unit kerja.

Contoh Struktur Organisasi Fungsional

 

Struktur Organisasi Divisional

Struktur Organisasi Divisional (Divisional Structure Organization) adalah Struktur Organisasi yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan produk, layanan, pasar dan letak geografis. Organisasi bentuk Divisional ini biasanya diterapkan di perusahaan yang berskala menengah keatas,hal ini dikarenakan biaya operasional akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bentuk Organisasi Fungsional.

Contoh Struktur Organisasi Divisional

 

Struktur Organisasi Matriks

Struktur Organisasi Matriks (Matrix Structure Organization) merupakan kombinasi dari Struktur Organisasi Fungsional dan Struktur Organisasi Divisional dengan tujuan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada kedua bentuk Struktur Orgnisasi tersebut. Struktur Organisasi Matriks ini sering juga disebut dengan Struktur Organisasi Proyek karena karyawan yang berada di unit kerja fungsional juga harus mengerjakan kegiatan atau tugas proyek-proyek organisasi yang ditugaskan kepadanya. Struktur Organisasi Matriks ini mengakibatkan terjadinya multi komando dimana seorang karyawan diharuskan untuk melapor kepada dua pimpinan yaitu pimpinan di unit kerja Fungsional dan pimpinan proyek. Struktur Organisasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang berskala besar atau perusahaan-perusahaan multinasional.

Contoh Struktur Organisasi Matriks

Author


Avatar