HR Update, Tips

Fungsi Golongan / Grade Dalam Perumusan Career Path

Perusahaan yang memikirkan karir karyawanya tentu memiliki value yang lebih dimata karyawan dibandingkan dengan perusahaan yang tidak.  Sebuah perusahaan yang memiliki sistem karir yang jelas dan terbuka untuk semua karyawan pastilah menjadi incaran talenta talenta potensial untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Agar tim menjadi lebih loyal dan solid perusahaan sebaiknya membuat rumusan sistem karir yang sesuai dengan tujuan dan kondisi perusahaan.  Sistem karir sendiri adalah sebuah sistem yang mengatur pergerakan/perpindahan karyawan dari suatu jabatan ke jabatan lain didalam organisasi suatu perusahaan. Banyak hal yang harus dirumuskan dalam membuat sistem karir yang baik,  salah satunya adalah perumusan golongan karyawan berdasarkan kriteria tertentu.  Golongan atau grade sendiri adalah tingkatan / level penggolongan jabatan yang disusun berdasarkan berat ringannya tugas dan tanggung jawab jabatan-jabatan didalam organisasi di suatu perusahaan. Contoh penerapan sistem golongan pada suatu organisasi adalah golongan pangkat pegawai negeri sipil / pns.  Seperti yang kita ketahui sistem golongan pada pns dibagi menjadi beberapa tingkat mulai dari golongan 1 hingga golongan 4. Masing-masing Grade Jabatan terdiri dari jabatan-jabatan yang memiliki berat ringan tugas dan tanggung jawab jabatan yang relatif sama. Fungsi grade salah satunya ada menjadi dasar dari promosi, transfer/ mutasi, demosi, penggolongan gaji serta pemberian fasilitas-fasilitas kepada karyawan. Dalam menyusun grade pada sistem karir di perusahaan anda,  anda dapat merumuskan golongan karyawan menjadi 10 Grade yang disusun dari Grade 1 (terendah) untuk jabatan Non Staff sampai dengan Grade 10 (tertinggi) untuk jabatan Director. Masing masing grade memiliki persyaratan pendidikan dan pengalaman kerja tertentu bagi karyawan yang berhak menduduki jabatan-jabatan Grade tersebut.

 

Contoh penerapan grade yang dapat diterapkan pada perusahaan adalah sebagai berikut :

 

  • Grade 1 (Non Staff) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan SLTA + pengalaman 0 tahun; atau SD/SLTP + pengalaman 2 tahun.

 

  • Grade 2 (Senior Non Staff) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan SLTA + pengalaman 2 tahun; atau SD/SLTP + pengalaman 4 tahun.

 

  • Grade 3 (Staff) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan S1Plus + pengalaman 0 tahun; atau D3 Plus + pengalaman 2 tahun; atau SLTA Plus + pengalaman 4 tahun.

 

  • Grade 4 (Senior Staff) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan S2 Plus + pengalaman 0 tahun; atau S1 Plus + pengalaman 3 tahun; atau D3 Plus + pengalaman 4 tahun; atau SLTA Plus + pengalaman 6 tahun.

 

  • Grade 5 (Junior Manager) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan S2 Plus + pengalaman 2 tahun; atau S1 Plus + pengalaman 5 tahun; atau D3 Plus + pengalaman 6 tahun; atau SLTA Plus + pengalaman 8 tahun.

 

  • Grade 6 (Manager) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan S2 + pengalaman 4 tahun; atau S1 + pengalaman 7 tahun; atau D3 + pengalaman 8 tahun.

 

  • Grade 7 (Senior Manager) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan S2 + pengalaman 6 tahun; atau S1 + pengalaman  9 tahun; atau D3 + pengalaman 10 tahun.

 

  • Grade 8 (General Manager) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan S2 + pengalaman 8 tahun; atau S1+ pengalaman  12 tahun.

 

  • Grade 9 (General Manager) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan S2 + pengalaman 10 tahun; atau S1 + pengalaman  14 tahun.

 

  • Grade 10 (Director) :Jabatan-jabatan pada grade ini menuntut persyaratan minimal : pendidikan S2 + pengalaman 12 tahun; atau S1 + pengalaman 14 tahun.

Author


Avatar