Recruitment

Tools Yang Membantu Produktivitas Recruiter

Recruitment merupakan serangkaian proses mencari pekerja yang tepat untuk perusahaan. Dalam mencari pekerja yang tepat untuk perusahaan maka kita sebagai recruiter (staff yang melakukan proses recruitment)  haruslah jeli dalam memilih kandidat yang paling mendekati dengan kriteria yang sudah ditentukan.  Namun kini mencari pekerja yang tepat untuk perusahaan semakin sulit dimana jumlah pencari kerja lebih banyak dibandingkan dengan jumlah vacancy yang tersedia. Alih alih mendapatkan kandidat berkualitas, malah banyak pelamar yang melamar tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.  Banyak hal seperti ini terjadi seperti pelamar dengan background studi tata boga yang melamar sebagai seorang programmer.

Agar dapat melakukan pekerjaan rekrutmen secara efektif dan efisien seorang recruiter harus dapat memanfatkan segala sumber daya yang ada.  Salah satunya dengan memanfaatkan berbagai tools yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan recruitment.  Tools sendiri merupakan alat bantu yang dapat meringankan beban kerja atau dapat mempercepat proses recruitment.  Terdapat banyak tools yang dapat dimanfaatkan oleh para recruiter.  Berikut beberapa daftar tools yang dapat dimanfaatkan oleh para recruiter dalam melakuakn pekerjaan recruitment :

Aplicant tracking system (ATS) 

Applicant tracking system merupakan software yang memungkinkan anda untuk melakukan proses rekrutmen secara elektronik. Apabila anda familiar dengan aplikasi CRM (customer relationship management)  maka ATS adalah aplikasi CRM yang lebih ditujukan membangun hubungan dengan kandidat pelamar.  Software ATS melakukan filter lamaran secara otomatis berdasarkan kriteria yang diberikan seperti kata kunci, keterampilan, pengalaman bekerja, latar belakang pendidikan, pengalaman akademis, dll. Dengan fitur tersebut ATS mengoptimalkan pencarian kandidat secara terfilter sesuai dengan kriteria yang telah di tentukan sebelumnya.  Aplikasi Applicant Tracking System ini memiliki beberapa manfaat diantaranya:

  1. Membantu Staff HRD untuk memilih Calon Kandidat yang sesuai
  2. Membantu Staff HRD maupun Manajer HRD untuk mengatur Jadwal Aktivitas perekrutan seperti jadwal wawancara, jadwal test, dan sebagainya
  3. Menjadi Basis Data untuk menampung daftar pelamar serta history aktivitas perekrutan
  4. sebagai alternatif untuk solusi paper-less
  5. Sebagai media kolaborasi antara staf dan Manajer dalam proses perekrutan
  6. Sebagai tools untuk pembuatan laporan perekrutan.


Social media

Di era Yang kian modern kini social media menjadi sebuah platform yang tidak bisa dilepaskan dari Masyarakat.  Dari yang muda hingga yang tua dan dari segala kalangan menggunakan social medi untuk berbagi status di akun social medianya masing masing.  Informasi yang dibagikan oleh pengguna social media ini tentu dapat di manfaatkan oleh anda para recruiter dalam mencari informasi tentang kandidat yang sedang melamar pekerjaan diperusahaan anda. Dalam melakukan screening anda dapat mencari informasi dari mana saja.  Dan tentu social media merupakan tempat yang paling mudah untuk kita dalam mencari informasi pribadi sang pelamar.  Dari informasi yang dibagikan pelamar di social media anda dapat melihat karakter serta kepribadian seseorang.  Anda juga dapat melihat informasi yang berkaitan dengan pengalaman kerja seseorang melalui platform social media profesional seperti linkedin.  Anda juga dapat melihat partisipasi pelamar dalam mengungkapkan pendapatnya melalui platform quora, sebuah platform tanya jawab.


Colaboratives tools

Colaboratives tools adalah sebuah media elektronik yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi menggunakan tools tersebut secara kolektif. Tujuan collaborative tools adalah untuk mendukung sekelompok dua atau lebih individu untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama. Dengan alat kolaborasi sinkronisasi data dan membangun project rekrutmen dapat dilakukan bersama-sama tanpa cara tradisional dengan copy paste data dari komputer satu ke komputer lain melalui flashdisk atau kirim email. Apalagi komputer di perusahaan Anda rawan terkena virus, maka akan beresiko data bisa hilang sewaktu-waktu. Beberapa product google suite seperti Google docs,  google form,  google sheet merupakan collaborative tools yang dapat digunakan secara gratis.


Video interview

Melakukan proses rekrutmen pasti sangat melelahkan bagi para praktisi HR, khususnya pada sesi interview. Berhari-hari kita lakukan seleksi kandidat lewat interview, namun ternyata pada prosesnya kandidat yang kita undang banyak sekali yang tidak qualified. Hal tersebut sangat membuang waktu. Apalagi ketika kandidat yang sudah lolos melalui tahap interview pertama kita ajukan kepada user, namun ditolak mentah-mentah oleh user.  Maka, Anda bisa melakukan inovasiinterview yang sudah umum dilakukan di luar negeri dan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Caranya yaitu dengan online interview atau video interview melalui webcam. Yang perlu Anda siapkan hanyalah aplikasi yang mendukung video interview. Umumnya perusahaan menggunakan Skype dan Google Hangout. Skype adalah aplikasi webcam besutan Microsoft, sedangkan Google Hangout milik Google.


Responsive web portal untuk recruitment

Penayangan informasi lowongan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Tanpa melakukan hak ini pelamar tidak akan pernah tahu bahwa perusahaan kita sedang membuka lowongan pekerjaan. Diantara banyak channel iklan lowongan yang ada web portal pada website resmi perusahaan haruslah memuat informasi tersebut pula.  Informasi tersebut harus dipublish di website perusahaan agar calon pelamar yakin bahwa informasi lowobgan tersebut merupakan informasi resmi oleh perusahaan dan bukan bentuk penipuan.  Sekarang ini hampir semua pengguna internet mengakses internet melalui smartphone.  Layar yang terbatas membuat informasi yang disampaikan bisa disesuaikan dengan layar smartphone secara responsive.  Web portal yang anda akan gunakan untuk mem posting lowongan pekerjan juga haruslah web yang mendukung fitur mobile friendly atau responsive terhadap smartphone.  Artinya web anda dapat menyesuaikan tampilan secara otomatis sesuai dengan ukuran layar handphone pengguna.  Hal ini penting agar pengguna atau cLon pelamar merasa nyaman mengakses informasi yang ditampilkan serta membuat calon pelamar yakin bahwa Perusahaan serius dalam membangun sebuah web sehingga akan tercipta image bukan perusahaan abal abal.

Author


Avatar