Information Technology

Pentingnya Mobile Apps Untuk Employee Self Service

ESS atau employee self service merupakan sebuah teknlogi yang memungkinkan karyawan anda untuk melihat data pegawai, data kehadiran, data gaji, data hrd lainya dan pengajuan cuti atau ijin secara mandiri. Konsep ESS diperkenalkan pada awal tahun 2000 oleh beberapa perusahaan di amerika. Konsep ini muncul karena adanya keinginan untuk mempermudah proses input administrasi HRD yang semula proses permintaan data dan pengajuan ijin dilakukan secara manual melalui form cetak yang diajukan kepada admin HRD lalu admin HRD melakukan input kedalam sistem, kemudian proses tersebut dipercepat dengan proses penginputan melalui form kertas menjadi penginputan data secara elektronik melalui portal.  Dengan ini ESS dapat memangkas proses administrasi lebih cepat karena input kedalam sistem yang dulunya dilakukan oleh admin kini bisa dilakukan oleh tiap karyawan sendiri dengan mudah. Selain proses inputan, ESS juga dapat melakukan enhancement pada penyampaian informasi cuti kepada pihak pihak terkait seperti atas karyawan yang bersangkutan. Saat karyawan melakukan pengajuan ijin atau cuti secara online melalui ESS informasi pengajuan ijin atau cuti tersebut akan langsung diteruskan ke pihak pihak terkait seperti atasan langsung, hrd manager, atau bahkan top level management. Hal ini tentu sangat berguna bagi perusahaan karena penyampaian informasi yang selain lebih cepat tapi juga konfirmasi dapat dilakukan lebih cepat.  Apabila ijin atau cuti yang diajukan oleh karyawan telah diterima oleh user approver maka user dapat secara langsung melakukan persetujuan atau penolakan terhadap ijin atau cuti yang telah dibuat. Hal ini membuat proses pengajuan cuti yang dilakukan oleh karyawan dapat diproses dengan cepat.

 

ESS hadir dalam berbagai bentuk mulai dari WEB, kiosk, dan mobile apps. Dengan perkembangan teknologi yang kian canggih. Kini pengajuan cuti atau ijin dapat dilakukan secara mudah hanya melalui smartphone karyawan.  Dengan memanfaatkan pengembangan teknologi mobile apps user dapat menginstall aplikasi ESS dan mendapatkan pengalaman mengakses HRIS secara mudah di tiap gadget yang mereka miliki. Penerapan ESS dalam bentuk mobile apps telah populer dalam 5 tahun terakhir dan akan menjadi kian populer untuk 5 sampai 10 tahun mendatang. Perkembangan teknologi yang sangat cepat ini tentu haruslah segera disadari oleh tiap perusahaan.  Update teknologi seperti ESS berbasis mobile apps ini akan meningkatkan kinerja karyawan secara tidak langsung. Dan berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan dengan penerapan aplikasi ESS berbasis mobile apps :

Kenyamanan

Aplikasi ESS berbasis mobile apps dapat mengurangi atau mengeliminasi kebutuhan karyawan atas akses aplikasi desktop (PC atau laptop), menginput manual form kertas atau mengirim email kepada bagian HRD. Dengan menggunakan ESS berbasis mobile apps karyawan dapat dengan mudah mengajukan permohonan ijin atau cuti dan mengakses data kepegawaian mereka secara langsung di smartphone mereka masing masing.

Kecepatan

Keuntungan menggunakan ESS berbasis mobile apps adalah proses penginputan transaksi yang cepat dan real time.  Dengan kecepatan ini maka HRD atau bagian terkait dapat melakukan pengambilan keputusan dengan cepat secara real time tanpa harus menunggu email atau form kertas disampaikan.  

Produktifitas

Aplikasi ESS berbasis mobile apps nyatanya memang sangat nyaman dan cepat untuk digunakan.  Dengan performa yang dihasilkan oleh aplikasi ini waktu yang dihemat untuk bagian HR akan lebih besar.  Hal ini akan memacu bagian HR untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

Akurasi

Aplikasi mobile apps didesain dengan tampilan yang intuitive dan sesui dengan pengalaman pengguna.  Karena layar yang terbatas aplikasi ini di desain dengan tampilan sederhana tapi juga mengakomodasi kebutuhan pengguna.  Karena tampilan yang sederhana informasi yang diinputkan kedalam aplikasi akan menjadi lebih mudah dan pengalaman pengguna untuk melakukan input informasi yang akurat akan semakin tinggi.  

 

Perkembangan teknologi kini kian berkembang.  Dan di era digital ini perusahaan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan jaman. Mengimplementasikan aplikasi ESS berbasis mobile menjadi salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas proses HR diperusahaan anda. Jpayroll meruapakan aplikasi HRIS yangbtelah dilengkapi dengam fitir employee self service.  Fitur yang diberikan tidak terbatas pada fitur ESS berbasis web tetapi jiga telah dihadirkan dalam bentuk mobile apps. Apabila anda ingin mengimplementasikan aplikasi ESS berbasis mobile apps anda dapat mendiskusikannya dengan kami. Konsultan kami akna dengan senamg hati membantu anda. Diskusikan kebutuha anda disini.

Author


Avatar