Attendance Anywhere

Teknologi Yang Dibutuhkan Untuk Mengontrol Absensi Karyawan Dari Berbagai Lokasi

Memiliki banyak cabang di perusahaan anda, atau anda merupakan pemilik bisnis yang melibatkan site yang banyak di dalam proyek anda? Mengelola karyawan untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang atau multi site bukanlah perkara mudah. Dengan lokasi yang berbeda dan jauh untuk dijangkau mengakibatkan kontrol terhadap karyawan yang bekerja di tiap cabang sulit untuk dikontrol. Saat kita tidak sedang disana bagaimana caranya agar kedisiplinan karyawan tetap terjaga? Banyak cara yang sebenarnya anda dapat lakukan untuk melakukan kontrol pada karyawan anda. Anda dapat menerapkan sebuah SOP yang dapat meningkatkan kedisiplinan karyawan, anda dapat merekrut orang yang bisa menjadi kepercayaan anda dll. Tapi pemanfaatan teknologi juga dapat anda gunakan untuk memantau karyawan anda meskipun anda tidak satu lokasi dengan karyawan anda.  Banyak teknologi yang dapat anda manfaatkan dan berikut ini teknologi yang anda dapat manfaat-kan untuk memantau karyawan anda dari berbagai lokasi :

 

Mesin absensi

Ya mesin absensi adalah sebuah tool yang wajib anda sediakan untuk karyawan anda di berbagai lokasi. Ada beberapa hal yang anda harus perhatikan sebelum menyediakan mesin absensi yang sesuai untuk kebutuhan anda. Apabila anda memiliki beberapa cabang maka anda dapat membeli mesin fingerprint yang dapat terhubung langsung dengan jaringan.  Dengan begitu anda akan dapat mengakses data absensi karyawan anda secara remote tanpa harus melakukan pengecekan langsung di lokasi cabang. Jangan membeli mesin fingerprint yang hanya support konektivitas USB karena mesin dengan jenis ini kurang begitu flexible dengan kebutuhan anda. Penggunaan mesin yang telah support dengan konektivitas cloud juga dapat digunakan karena selain mudah flexibilitas mesin ini juga dapat mengakomodir kebutuhan anda yakni mendapatkan data absensi secara online.

 

Absensi online

Kini telah banyak sekali aplikasi dipasaran yang menawarkan solusi absensi hanya menggunakan handphone karyawan saja. Salah satunya JPayroll yang telah menawarkan fitur ini pada aplikasi HRIS nya.  Teknologi ini memungkinkan anda untuk mendapatkan data absensi karyawan secara online dan real time tanpa anda harus menyediakan mesin absensi dan infrastruktur pendukungnya di lokasi cabang anda. Anda hanya perlu meminta karyawan anda untuk melakukan foto pada aplikasi attendance anywhere yang telah diinstal pada smartphone karyawan dan melakukan absensi. secara otomatis data absensi akan terekam saat karyawan anda menekan tombol submit. Teknologi ini sangat cocok untuk anda yang tidak dimungkinkan untuk memasang mesin absensi di tempat kerja karyawan seperti site konstruksi, site tambang, gerai mall, dll.

 

CCTV

Closed circuit television atau yang biasa kita kenal dengan CCTV adalah kamera yang dapat menghasilkan gambar atau rekaman untuk keperluan pengawasan. Meskipun anda telah memasang mesin absen dan memiliki orang kepercayaan, anda masih harus tetap memegang kendali pengawasan secara langsung.  Salah satunya dengan memasang CCTV pada lokasi kerja karyawan. Dengan memasang cctv anda dapat melihat dengan langsung kegiatan apa yang terjadi di lokasi kerja karyawan. Untuk kebutuhan ini sebaiknya anda memasang CCTV dengan jenis IP CAM yang telah memiliki fitur untuk diakses melalui jaringan internet.  Selain mudah pemasanganya IPCAM cenderung murah dan mudah untuk ditemukan di pasar online.

 

GPS tracking

Adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan GPS pada smartphone karyawan. Anda dapat mengetahui posisi karyawan secara real time tanpa karyawan sadari.  Hal ini sangat berguna bagi anda yang memiliki karyawan mobile atau karyawan yang memiliki pekerjaan diluar kantor. JPayroll sendiri telah menghadirkan sebuah aplikasi GPS tracking yaitu job visit tracking.  Dengan job visit tracking anda tidak hanya dapat memantau lokasi karyawan secara real time tapi karyawan anda juga dapat mengelola jadwal kunjungan kerja karyawan.

 

Memantau karyawan diluar lokasi base kita memang bukanlah hal yang mudah.  Banyak yang harus kita perhatikan salah satunya adalah mengatur kedisiplinan karyawan. Pemanfaatan teknologi dapat dengan membantu anda dalam meningkatkan kedisiplinan karyawan.  Apabila anda seorang pemilik bisnis atau staff HRD yang sedang memikirkan cara untuk memantau karyawan dari berbagai lokasi anda dapat mendiskusikan nya dengan kami. Konsultan kami akan dengan senang hati membantu anda.

Author


Avatar