HR Update

Tren Teknologi HR di Tahun 2019

Perkembangan teknologi saat ini mengalami peningkatan yang sangat cepat. Terjadinya industri 4.0 memacu industri teknologi untuk semakin berkembang dengan sangat cepat. Berbagai teknologi dikembangkan untuk memudahkan pengguna dalam melaksanakan aktivitas sehari hari. Tak terkecuali teknologi di bidang HR. Inovasi inovasi terbaru untuk teknologi di bidang HR juga kian berkembang. Untuk dapat membantu operasional HR di perusahaan serta meningkatkan kualitas performa HR yang ada di perusahaan. Dan di tahun 2019 ini teknologi di bidang HR semakin maju. Berikut beberapa teknologi HR yang mungkin dapat diaplikasikan di perusahaan anda :


Cloud based HR system

Saat ini teknologi Cloud bukanlah hal yang asing dan telah menjadi hal yang sangat umum.  Terutama HR system, sebuah teknologi wajib untuk digunakan oleh HR department. Hr system akan membantu anda dalam pengelolaan karyawan yang lebih baik.  Dengan menggunakan HR system anda dapat mengelola data kepegawaian, kehadiran, izin, cuti, lembur, perhitungan gaji, pajak PPh 21, Hingga perhitungan BPJS. HR system juga dapat meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan anda dengan pemanfaatan fitur HRIS. HR system berbasis Cloud akan memudahkan anda dalam mengakses aplikasi di segala platform dimanapun anda berada. Dengan begini anda dapat melakukan pengelolaan karyawan dengan mudah hanya dengan gadget anda. Namun meskipun nyaman dengan pemanfaatan cloud dalam aplikasi HR system anda. Anda harus memastikan keamanan data cloud dari provider HR System anda. Pastikan HR system yang anda gunakan memiliki fitur keamanan yang memadai seperti enkripsi data.


Absensi online

Metode absensi yang populer saat ini adalah dengan menggunakan teknologi mesin absensi berupa fingerprint atau dengan menggunakan RFID. Namun hal ini dirasa kurang efektif untuk beberapa usaha, seperti usaha kecil atau usaha yang melibatkan karyawan dalam jumlah kecil untuk beberapa lokasi tertentu. Dengan jumlah karyawan yang sedikit tapi banyak tersebar di beberapa lokasi tertentu akan membuat investasi mesin fingerprint semakin banyak dan mahal. Untuk itu solusi absensi secara online melalui gadget dan smartphone karyawan masing masing menjadi solusinya. Metode absen ini memanfaatkan penggunaan foto dan gps untuk memverifikasi lokasi dan karyawan yang bersangkutan. Dengan solusi ini perusahaan tidak perlu lagi menyediakan mesin fisik di tiap outlet.


Mobile apps HR system

Sekarang ini smartphone sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Hampir semua orang setidaknya memiliki satu smartphone untuk digunakan sehari hari. Pemanfaatan smartphone untuk teknologi HR juga akan menjadi tren teknologi di dunia HR. Dengan menggunakan aplikasi mobile user karyawan dapat langsung berkomunikasi dengan HR department untuk keperluan administrasi HR seperti permohonan ijin cuti, izin sakit, melihat slip gaji langsung di smartphone dll. Memanfaatkan mobile apps akan sangat praktis bagi karyawan dan HR department untuk saling bertukar informasi.


E-Recruitment

Perekrutan karyawan masih menjadi suatu hal yang berarti bagi HR Department. Mencari kandidat yang sesuai dengan kualifikasi, penjadwalan dan follow up kandidat untuk proses seleksi, hingga penyelenggaraan tes seleksi merupakan beberapa proses panjang yang dilalui dalam proses rekrutmen. Platform aplikasi rekrutmen secara online tampaknya akan menjadi solusi bagi HR department untuk inovasi teknologi HR di tahun 2019.


Diatas adalah beberapa daftar dari solusi atau inovasi untuk teknologi HR yang dapat anda terapkan di tahun 2019 ini. Banyak provider yang menyediakan solusi diatas salah satunya JPayroll. Provider HR solution yang telah memiliki pengalaman implementasi sistem Hr di berbagai perusahaan di indonesia. JPayroll sendiri telah dinobatkan sebagai top 25 HR solution provider tahun 2017 dan tahun 2018 oleh majalah APAC CIO OUTLOOK. Anda tertarik untuk mencoba aplikasi kami? Hubungi kami tim kami akan dengan senang hati membantu anda.

Author


Avatar