Uncategorized

KUNCI SUKSES MENGELOLA PEGAWAI DI MASA KRISIS.

Krisis global yang tengah melanda dunia usaha kini tidak hanya dirasakan di indonesia namun juga memberikan dampak yang signifikan bagi pengusahaan di berbagai negara. Tidak sedikit perusahaan dari skala kecil hingga skala besar merasakan betul dampak atas krisis ekonomi ini. Kini dalam kondisi yang cukup “suffer” para pengusaha haruslah bijak dalam mengelola “cost” sehingga tercapai efisiensi sampai krisis dapat dilalui. Salah satu cost yang harus ditanggung oleh perusahaan antara lain adalah Human Resource cost, karena tidak dapat dipungkiri Human Resource merupakan aspek berharga dalam menentukan kesuksesan perusahaan. Mengelola cost of employee bukan berarti melakukan PHK besar-besaran atau mengurangi gaji karyawan. Hal tersebut bukan memberikan dampak positif bagi perusahaan namun justru akan menjadi bumerang bagi perusahaan.

Salah satu cara untuk mengelola cost of employee adalah dengan menerapkan component dalam cost tersebut. Component yang dimaksud adalah variabel – variable penghasilan yang berbanding lurus dengan kinerja karyawan. Dapat dicontohkan adalah tunjangan kehadiran atau tunjangan kinerja apabila karyawan yang bersangkutan dapat melakukan pekerjaan – pekerjaan sesuai dengan target dan kapabilitas mereka masing – masing. Hal ini selain memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik juga dapat mengontrol beban gaji karyawan dan dapat mengalokasikanya secara tepat guna  dan tepat sasaran.

Untuk dapat melakukan hal tersebut tentulah dibutuhkan assessment yang lebih mendalam mengenai kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Goal apakah yang ingin dicapai dan bagaimana pengalokasianya terhadap cost of employee tersebut. Disini peran top level management sangatlah diperlukan untuk menentukan apa yang menjadi kebutuhan bisnis perusahaan disaat masa krisis dan apa yang harus dicapai saat masa krisis ini telah berakhir. Proses dan hasil yang diperoleh dari assesment bisa sangat beragam tergantung dari karakteristik perusahaan masing-masing. Poin kedua yang perlu di pikirkan adalah apakah semudah itu untuk mengalokasikanya dalam komponen gaji. Bila anda tidak memiliki tools yang tepat salah sasaran justru akan merugikan langkah yang telah anda tempuh. Untuk itu anda memerlukan sebuah tools yang mampu mengkalulasi dan mengalokasikan komponen – komponen tersebut kedalam gaji karyawan anda secara tepat dan cepat.

JPayroll dapat menjadi salah satu solusi tepat untuk anda. JPayroll menyediakan kalkulasi payroll secara tepat dan flexible. Di JPayroll anda dapat memanfaatkan fitur parameter based dengan memasukan formula – formula tunjangan yang akan diperhitungkan dalam komponen gaji. Formula tersebut dapat berupa excel formula yang sudah sangat familiar digunakan. Dengan adanya tools yang powerfull ini, kini anda tidak perlu lagi bingung di akhir bulan untuk menghitung gaji karyawan anda. Hanya cukup klik payroll process semua urusan penggajian anda telah selesai dan anda juga akan mendapatkan report yang menunjang proses bisnis anda.

Anda tertarik untuk mencoba? Diskusikan dengan kami, konsultan kami akan dengan senang membantu anda.

Author


Avatar