Information Technology

BAGAIMANA HRIS MAMPU MENINGKATKAN PROFIT PERUSAHAAN?

Tujuan utama perusahaan adalah Profit, banyak strategi dan langkah yang diambil untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Melakukan penghematan cost merupakan salah satu cara yang diambil untuk meningkatkan profit perusahaan. Sementara melakukan investasi sebuah sistem dianggap sebagai “biaya” besar yang mengurangi profit perusahaan dan investasi tersebut tidak nampak hasilnya. HRIS atau Human Resource Information System merupakan sebuah sistem yang meningkatkan kinerja departemen HR dan membantu perusahaan mengukur SDM yang mereka miliki dalam rangka mengoptimalkan kinerja perusahaan. HRIS adalah suatu software atau solusi online yang mengelola sumber daya manusia perusahaan secara konsisten dan menyediakan berbagai informasi kepada management dalam rangka pengambilan keputusan yang strategis. Dalam dunia bisnis di indonesia terlebih bisnis kecil dan menengah, implementasi HRIS seringkali dianggap sebagai investasi yang kurang strategis karena tidak memiliki wujud yang nampak dan manfaat yang dihasilkan tidak dapat dirasakan secara langsung. Kenyatanya HRIS  merupakan salah satu solusi yang mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam rangka meningkatkan profit perusahaan.

Tingkatkan Produktifitas HR Department

Salah satu cara yang paling nyata dalam meningkatkan profit perusahaan adalah dengan meningkatkan kinerja Departemen HRD. Saat mengimplementasikan HRIS untuk mengotomatisasi berbagai fungsi dasar HR dan membuatnya menjadi lebih mudah, orang – orang di Departemen HR bisa fokus untuk mengerjakan hal lainya. Dengan implementasi HRIS yang melakukan perhitungan gaji, tunjangan karyawan, potongan dan pajak secara otomatis dan akurat setiap bulanya maka anda tidak memerlukan seorang payroll staff yang menghitung gaji seluruh karyawan secara manual setiap bulanya. Dengan begitu HRIS telah melakukan penghematan cost sebesar 2 – 4 juta perbulan dan menambahkanya kedalam profit perusahaan bahkan sejak awal anda mengimplementasikanya.

Mengurangi Error Procedhures

HRIS juga mampu menghindari biaya kesalahan yang biasa terjadi karena melakukan prosedur manual dengan cara mengeliminasi tingkat kesalahan prosedur. Prosedur manual yang dilakukan oleh seorang karyawan sangat memungkinkan terjadinya human eror yang berakibat fatal bagi perusahaan. Kesahalan data mengakibatkan pengambilan keputusan strategis yang kurang tepat dan bisa mengakibatkan terjadinya banyak loss bagi perusahaan. HRIS yang bagus memiliki sistem check and balance, warning system dan bahkan bila terlanjur terjadi kesalahan sistem bisa melacak kembali history kesalahan tersebut melalui fungsi audit trail. HRIS mengolah data yang telah masuk kedalam sistem menjadi informasi yang akurat bagi manajemen sehingga dapat diambil keputusan strategis yang tepat.

Menentukan Kebijakan Strategis Perusahaan

Alasan utama mengapa harus investasi HRIS di perusahaan anda adalah karena HRIS memangkas cost perusahaan melalui pengukuran sumber daya manusia perusahaan. Semua jenis data karyawan disajikan secara lengkap dan akurat oleh sistem untuk kemudian dapat dikumpulkan sebagai data yang cukup bagi manajemen untuk menganalisa dan mereview kinerja karyawan dan menentukan arah kebijakan yang tepat bagi perusahaan. Dengan sajian data ini anda dapat melihat Departemen mana yang paling menguntungkan bagi perusahaan dan mana yang tidak. HRIS mampu melacak ROI yang dihasilkan oleh perusahaan berdasarkan semua karyawan yang ada dan mengidentifikasi area mana saja yang sering melakukan kesalahan.

Dengan kemampuanya meningkatkan produktifitas, mengurangi kemungkinan kesalahan, menyajikan data dalam pengambilan keputusan strategis, ini membuktikan bahwa investasi HRIS untuk perusahaan anda bukanlah sebuah investasi yang sia-sia. Sudahkah anda memiliki kinerja HR Department yang berkualitas? Apakah sajian anda cukup akurat untuk sebuah pengambilan keputusan strategis? Segeralah analisa kembali perusahaan anda dan diskusikan lebih lanjut bersama kami.

Author


Avatar