Training

Training Dasar Yang Harus Dilakukan untuk Divisi IT

Perkembangan teknologi informasi, dewasa ini, telah berkembang dengan sangat cepat. Perkembangan inilah yang menuntut banyak perusahaan di Indonesia, bahkan didunia, untuk menggunakan teknologi informasi sebagai alat untuk mendukung proses bisnis perusahaan tersebut. Permasalahan inilah yang melatar belakangi munculnya divisi IT di banyak perusahaan. Divisi IT umumnya akan memastikan bahwa sistem informasi yang digunakan perusahaan tersebut berjalan dengan baik. Selain itu, divisi IT juga akan menganalisa apakah sistem yang digunakan oleh perusahaan masih layak untuk digunakan atau harus ada sistem baru yang mempermudah proses bisnis perusahaan tersebut.

Hal-hal seperti keamanan informasi, pengaturan jaringan, dan lain sebagainya merupakan tugas utama yang biasanya diberikan kepada divisi ini. Pelatihan-pelatihan terkait dengan peningkatan keamanan informasi banyak diberikan pada divisi IT. Walaupun sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seluruh divisi di sebuah perusahaan, tidak hanya divisi IT. Hal-hal tersebut tidak hanya menjadi PR bagi divisi IT tapi seluruh divisi. Berikut merupakan pelatihan terkait dengan IT yang seharusnya diberikan kepada seluruh divisi :

MENJAGA KEAMANAN INFORMASI

Informasi suatu perusahaan merupakan aset yang harus dijaga dengan baik. Banyak cara dilakukan untuk menjaga informasi perusahaan agar tetap aman. Salah satunya adalah pembatasan hak akses informasi. Dengan hal ini, informasi-informasi yang dimiliki oleh perusahaan hanya bisa diakses oleh beberapa orang yang memiliki hak akses. Pengaturan hak akses mungkin terdengar sedikit rumit bagi sebagian besar orang, terutama yang berasal dari divisi non-IT, namun penggunaan kata sandi (password) sebagai salah satu pengaman sebuah akun bukan hal yang awam.

Sebuah perusahaan harus menetapkan aturan dasar penggunaan kata sandi kepada karyawannya, terutama untuk akun yang berkaitan dengan perusahaan seperti e-mail perusahaan. Aturan dasar ini seperti memberikan pembatasan karakter yang digunakan, kombinasi karakter, dan kata kunci yang tidak seharusnya dipakai. Pencerdasan mengenai penggunaan password untuk akun perusahaan seharusnya disampaikan saat karyawan dari semua divisi bergabung ke sebuah perusahaan.

PENGUASAAN ONLINE COLLABORATION TOOLS

Dalam melakukan sebuah meeting, misalnya, banyak kendala yang sering terjadi. Salah satunya adalah ruang dan waktu. Ada kemungkinan saat akan melakukan rapat, pimpinan suatu perusahaan tengah melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Contoh lain adalah saat salah satu karyawan di divisi HRD akan mengerjakan sesuatu namun terhalang karena data yang diinginkan ada disalah rekannya yang sedang mengambil cuti hamil.

Masalah-masalah diatas dapat diminimalisir dengan penguasaan online collaboration tools oleh seluruh divisi di suatu perusahaan. Online collaboration tools merupakan alat untuk mempermudahkan pekerjaan yang dilakukan bersama-sama tanpa harus berada di satu tempat dan waktu yang sama. Contoh online collaboration tools yang ada, misalnya, group videocall. Dengan fitur tersebut, menggadakan meeting tidak harus di satu tempat yang sama. Rapat tetap bisa diikuti oleh pimpinan perusahaan yang sedang melakukan perjalanan dinas misalnya.

FUNGSI-FUNGSI DASAR APLIKASI PENGOLAH KATA, DATA, DAN PRESENTASI

Pembuatan laporan, presentasi, dan pengolahan data merupakan hal-hal yang biasa dilakukan di sebuah perusahaan. Setiap karyawan dari semua divisi pasti telah memiliki dasar dalam menggunakan aplikasi penunjang pekerjaan tersebut, walaupun belum pada tahap ahli. Salah satu hal yang dapat disampaikan pada pelatihan dengan tema ini adalah meng-optimalkan fungsi dasar dari aplikas-aplikasi tersebut sehingga pekerjaan dapat selesai dengan optimal.

Itulah beberapa pelatihan yang berkaitan dengan information technology kepada karyawan dari divisi non-IT. Dengan mengetahui pelatihan-pelatihan tersebut, karyawan dari semua divisi diharapkan lebih menguasai IT untuk menunjang pekerjaan mereka di divisi masing-masing.

Author


Avatar