JPayroll

Absensi Online : Solusi Untuk Karyawan di Luar Kantor

Kedisiplinan seorang karyawan dapat dinilai dari beberapa aspek misalnya saja dari absensi yang dilakukannya. Absensi dapat menjadi salah satu acuan penilaian terhadap ketaatan karyawan terhadap peraturan perusahaan. Banyak metode absensi yang diterapkan oleh suatu perusahaan. Salah satu contohnya adalah metode absensi menggunakan fingerprint yang telah diterapkan oleh banyak perusahaan di Indonesia, bahkan di dunia. Namun cara ini memiliki satu kelemahan besar yakni tidak dapat dipasang disembarang tempat. Umumnya mesin absensi fingerprint ini akan diletakkan di kantor dan digunakan saat karyawan datang dan pulang kerja.
Hal ini akan menjadi masalah untuk karyawan yang tidak bekerja di kantor misalnya SPG suatu brand yang bekerja di suatu departement store. Untuk kasus SPG tersebut, perusahaan pemilik brand yang memperkerjakan SPG tidak bisa memasang alat fingerprint di departement store tempat SPG tersebut bertugas. Hal ini biasanya dilakukan dengan melakukan absensi secara manual di departement store terkait, yang hasilnya bisa dengan mudah dimanupulasi. Selain itu, sistem ini tidak secara realtime melaporkan absensi SPG tersebut.
Ada satu teknologi yang dapat menjawab persoalan tersebut yakni sistem absensi online. Sistem absensi online adalah teknologi yang memungkinkan karyawan dapat melakukan absensi tanpa menggunakan mesin absensi, misalnya mesin absensi fingerprint. Karyawan yang ingin melakukan absensi hanya perlu memberikan informasi waktu kehadiran, lokasi tempat berada yang dikirim secara realtime, dan foto yang menunjukkan keberadaannya di tempat kerja. Data tersebut yang nantinya diolah oleh admin di kantor untuk dijadikan satu informasi absen karyawan tersebut.
Untuk lebih memahami sistem tersebut, simak beberapa keuntungan menggunakan sistem absensi online berikut :

ABSENSI ONLINE MENGURANGI BIAYA PENGADAAN MESIN ABSENSI

Bayangkan jika suatu perusahaan harus memperkerjakan 10 SPG di 10 departement store dan tiap-tiap departement store harus dipasangi mesin absensi untuk SPG brand tersebut. Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan perusahaan hanya untuk pengadaan mesin absensi yang dalam kesehariannya hanya akan digunakan beberapa karyawan saja. Selain itu, hal ini dinilai tidak efektif karena akan banyak mesin absensi terinstall di satu departement store.
Absensi online jelas-jelas membantu mengatasi masalah tersebut. Sistem ini hanya membutuhkan smartphone milik karyawan. Cara absensi yang mudah, tentunya tidak menyulitkan karyawan untuk melakukan absensi.

DATA ABSENSI ONLINE DAPAT MENGURANGI KEMUNGKINAN KECURANGAN

Informasi yang diperoleh melalui absensi online akan diolah secara realtime. Hasilnya akan sama dengan informasi yang dihasilkan mesin absensi di kantor. Hal ini tentunya dapat mengurangi kemungkinan manipulasi terhadap data absen. Selain mengurangi kemungkinan manipulasi, absensi online juga mengurangi kemungkinan “titip absen”. Hal ini dikarenakan, pada absensi online, terdapat admin yang memverifikasi data yang dikirimkan oleh karyawan.

ABSENSI ONLINE MEMPERMUDAH ANALISA KINERJA KARYAWAN

Data yang realtime, memberikan manfaat lain untuk mengevaluasi dan menganalisa kinejer karyawan. Dengan absensi online, waktu kedatangan karyawan akan langsung tercatat pada database yang ada di kantor. Sehingga kantor tidak perlu lagi melakukan rekap absensi karyawan yang tidak bekerja di kantor. Data waktu kedatangan ini dapat dijadikan salah satu aspek penilaian kinerja karyawan.

ABSENSI ONLINE MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN

Sistem absensi yang selama ini diterapkan dengan harus datang ke kantor tentu melelahkan dan membuang banyak waktu bagi mereka yang bekerja di lapangan. Waktu yang mereka gunakan hanya untuk melakukan absensi di kantor dan kembali ke lapangan untuk bekerja, dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas mereka di lapangan. Absensi online, jelas menyingkat waktu tersebut. Karyawan yang bekerja di lapangan hanya perlu datang ke tempat mereka bertugas kemudian melakukan absensi menggunakan smartphone mereka.
Implementasi absensi online jelas memperlukan kesiapan sumber daya manusia, dalam hal ini karyawan yang bekerja di luar kantor. Pelatihan dan sosialisasi kepada karyawan mungkin diperlukan untuk memperkenalkan teknologi ini. Secara pengadaan infrastuktur, sistem ini tidak membebani perusahaan karena tidak memperlukan mesin fisik yang dalam proses instalasinya memperlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Jadi, bagaimana dengan perusahaan anda? Tertarik mencoba teknologi luar biasa ini?

Author


Avatar