Leaves

Persiapkan Hal Berikut Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja di Tahun yang Baru

Liburan merupakan momen yang ditunggu oleh semua orang. Beristirahat dan mengalihkan perhatian dari pekerjaan sehari-hari merupakan hal yang diharapkan dapat memicu produktivitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Salah satu momen liburan yang banyak dimanfaatkan oleh karyawan adalah liburan akhir tahun. Libur di Hari Natal dan tahun baru yang juga bertepatan dengan libur siswa-siswa sekolah. Berlibur ke luar kota mungkin menjadi alternatif sebagian karyawan untuk kembali menyegarkan pikiran. Menikmati indahnya pantai putih maupun sejuknya udara pegunungan akan menghanyutkan pikiran-pikira negatif mengenai pekerjaan.

Jika sudah begini, kembali bekerja ke kantor pada hari yang telah ditentukan, tentu bukan hal yang menarik untuk dilakukan. Ketika pikiran, jiwa, dan raga masih terhanyut oleh suasana liburan, bukannya semangat bekerja yang didapatkan namun kemalasan yang luar biasa. Apa mungkin menambah satu hari atau dua hari liburan (atau bolos) dapat mengembalikan semangat kerja yang hanyut bersama arus liburan? Tentunya bolos setelah libur panjang bukanlah pilihan yang bijak. Lalu bagaimana menghadapi tahun baru dengan semangat produktivitas dan bukannya kemalasan?

Berikut merupakan hal-hal yang perlu disiapkan untuk menambah produktivitas kerja setelah libur panjang :

Olahraga Teratur

Berlibur bukan artinya bermalas-malasan di tempat tidur seharian tanpa melakukan aktivitas yang  berarti. Selama liburan jangan lupa untuk menggerakkan badan dengan melakukan olahraga ringan. Dengan berolahraga tubuh akan senantiasa sehat dan terjaga kebugarannya. Dengan melakukan olahraga ringan setiap hari, saat liburan, tentunya tidak akan membuat tubuh menjadi kaget saat liburan usai, bukan?

Mulai lakukan olahraga ringan seperti lari pagi atau sore, push up, atau olahraga ringan yang dapat mudah dilakukan dimanapun. Begitu juga dengan yang menghabiskan liburan dengan berlibur keluar kota, jangan lupa untuk senantiasa menggerakkan badan untuk mencegah badan menjadi terlalu malas untuk melakukan segala aktivitas.

Rapikan Meja Kerja

Masih ingat bagaimana kondisi meja kerja saat terakhir kali ditinggal sebelum liburan? Jika kondisi meja kerja terasa masih sangat berantakan, segera rapikan meja kerja Anda sebelum memulai aktivitas bekerja. Meja kerja yang terlihat rapi pasti akan membangkitkan rasa semangat bekerja di tahun yang baru, bukan?

Rancang Target

Bagaimana kabar target di tahun yang lalu? Apakah sudah tercapai? Apakah sesuai dengan harapan atau masih belum memenuhi harapan? Jika target yang ditentukan sebelumnya telah tercapai, selamat. Ini artinya untuk menentukan target baru di tahun yang baru. Segera susun impian di tahun yang baru ini. Jabatan atau prestasi apa yang ingin diraih atau mungkin merancang rencana liburan impian untuk tahun baru, juga dapat dicoba. Semakin Anda memiliki target yang ingin diraih, semakin besar usaha yang dikeluarkan untuk meraihnya. Bagaimana Anda dapat menikmati liburan tenang di akhir tahun ? Bagaimana Anda membayar semua itu? Bagaimana cara Anda mendapat promosi yang menarik dikantor? Bekerjalah dengan baik dan tunjukkan performa terbaik Anda.

Kumpulkan Kenangan Liburan

Kenangan di masa liburan bukan untuk dilupakan. Kumpulkan semua kenangan tersebut dan bagikan dengan teman sekantor Anda. Berbagi pengalaman dan energi positif akan membuat lingkungan kerja Anda menjadi produktif dan nyaman untuk bekerja. Suasana kantor yang nyaman inilah yang nantinya akan meningkatkan performa dan produktivitas Anda dalam bekerja.

Masa-masa liburan yang sudah ditunggu sejak lama memang akan segera berakhir. Liburan bukan berarti performa pekerjaan Anda menurun, tapi sebaliknya liburan dapat menjadi ‘isi ulang’ semangat Anda dalam bekerja. Jadi, daripada bermalas-malasan di awal tahun, bekerja dengan penuh semangat dapat menjadi alternatif yang lain dalam menyambut tahun baru, bukan?

Author


Avatar