HR Update

Perlukah menulis resolusi 2019 untuk tim anda?

2018 akan segera berakhir, tahun baru akan segera datang dan semangat baru akan segera tersambut. Penghujung tahun merupakan sebuah momen yang tepat bagi kita semua untuk melakukan evaluasi atas pencapaian di tahun 2018. Dan tentunya menentukan resolusi atau pencapaian di tahun 2019. Banyak orang yang beranggapan bahwa menulis resolusi tahun depan merupakan hal yang tidak penting dan sia-sia. Karena seringnya resolusi hanya dibuat dan tidak pernah dijalankan. Bagi anda yang ingin sukses dalam menjalani karir di dunia bisnis dan dunia kerja sifat optimis merupakan hal yang wajib ada pada diri kalian. Dan menulis resolusi merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi anda dan tim anda. Menulis Resolusi tahun depan akan membantu anda melakukan perencanaan dan penentuan tujuan untuk anda dan tim di tahun depan. Dengan menulis resolusi tahun depan anda dapat melakukan breakdown tentang apa saja yang harus dilakukan dalam satu tahun kedepan. Berikut ini beberapa manfaat bagi anda dan tim dalam menulis resolusi tahun depan :

Menentukan prioritas

Sebelum menulis resolusi tahun depan untuk anda dan tim anda. Hal dasar yang harus anda pahami adalah, kenali potensi diri anda dan tim anda. Dengan melakukan hal ini anda dapat menentukan skala prioritas tentang hal apa yang akan anda lakukan lebih dahulu dan mana yang dapat menjadi skala prioritas kedua untuk anda dan tim. Dengan skala prioritas yang telah ditentukan anda tidak perlu melakukan hal yang tidak penting dan hanya menjadi pengganggu untuk pencapaian yang lain.

Breakdown perencanaan

Sesungguhnya menulis resolusi merupakan bagian dari perencanaan. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang reliable atau dapat terealisasikan dengan baik. Resolusi tahun depan merupakan perencanaan yang sifatnya global. Lakukan breakdown perencanaan yang lebih mendetail agar tujuan tahun depan dapat direalisasikan dengan baik. Dengan melakukan breakdown perencanaan anda dapat menentukan siapa yang akan bertanggung jawab pada suatu proses realisasi rencana. 

Sebagai goal reminder

Hal utama yang sering membuat sebuah resolusi tidak tercapai adalah anda lupa dengan apa yang ingin anda capai di tahun depan. Dengan menulis resolusi tahun depan anda dapat menentukan tujuan dengan jelas dan tertulis. Letakan resolusi yang telah anda tulis di tempat yang sering anda lihat seperti di handphone, meja kerja, di dompet dsb. Dengan melakukan hal ini resolusi anda tidak hanya tulisan. Tapi anda akan mengingat tujuan anda di tahun depan setiap saat.

Membuat tim semakin solid

Tim akan menjadi semakin solid dan kompak apabila segala sesuatu telah ditentukan dengan cukup jelas. Menulis resolusi membuat segala hal menjadi cukup jelas bagi anda dan tim. Dengan ini semua bagian dalam tim akan mendapatkan informasi yang cukup jelas tentang apa yang akan dilakukan di tahun depan. Bukalah sebuah diskusi dengan tim anda dalam menyusun resolusi tahun depan untuk mengetahui apakah resolusi yang akan ditentukan reliable untuk tim anda. Dengarkan pendapat mereka untuk memberikan masukan masukan tentang perencanaan ini. Dengan memberikan kesempatan pada tim untuk berbicara dalam tim mereka akan merasa dihargai dan hal ini akan meningkatkan kekompakan dalam tim anda.

Meskipun terkadang resolusi tahun depan adalah hal yang sering disepelekan tapi menulis resolusi akan sangat berguna bagi anda dan tim. Dengan bergantinya tahun baru, resolusi baru pun akan mengganti semangat kerja anda dan tim untuk bekerja dan berkarya lebih baik lagi. Selamat tahun baru 2019 🙂

Author


Avatar