Attendance Anywhere

Mengenal Work From Home, Anjuran pemerintah dalam menghadapi Pandemi covid-19


Dalam mengatasi situasi Pandemi Covid-19 mengurangi interaksi antar pribadi secara langsung merupakan sebuah solusi yang saat ini bisa dilakukan. istilah social distancing yang awalnya digaungkan kini pun diubah menjadi physical distancing yang berarti menjaga jarak fisik agar penularan virus dapat berhenti. dampak dari penerapan physical distancing tentu sangat berpengaruh terhadap dunia bisnis. para pekerja yang biasanya melakukan pekerjaan di kantor, kini dihimbau untuk tidak pergi ke kantor untuk mengurangi interaksi fisik dengan karyawan lain. Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya menginstruksikan untuk masyarakat Indonesia mengurangi kegiatan di luar rumah yang tidak penting. Termasuk menerapkan sistem kerja work from home dan sekolah serta kuliah secara online. Ini merupakan langkah strategis yang diambil pemerintah untuk pencegahan wabah virus corona yang semakin meluas di Indonesia saat ini. penerapan sistem kerja work from home mendapat berbagai tanggapan dari berbagai kalangan. ada beberapa perusahaan yang bisa dengan mudah menerapkan work from home, namun tidak semua perusahaan dapat mengadopsi penerapan metode kerja ini. lalu apakah yang sebenarnya dimaksud dengan work from home? 

sesuai dengan namanya work from home adalah bekerja secara jarak jauh atau bekerja dari rumah. dengan penerapan work from home maka pekerja tidak perlu bertatap muka secara langsung dan berinteraksi secara fisik dengan pekerja lain. 

penerapan work from home sebenarnya bukanlah hal yang baru. beberapa pekerjaan di bidang industri kreatif seperti freelancer, programmer, copy writer, dll telah lebih dahulu familiar dengan penerapan work from home. untuk menekan semakin meluasnya pandemi covid-19 di tahun 2020 istilah work from home kini semakin populer di berbagai kalangan bahkan hampir semua industri mulai mempertimbangkan menerapkanya. lalu apa saja yang menjadi keuntungan dan kekurangan dari penerapan work from home untuk industri yang masih baru dengan istilah ini? berikut ini adalah daftar kelebihan dan kekurangan dari penerapan work from home : 

produktivitas meningkat

sebuah survei yang dilakukan Airtasker pada tahun 2019 menemukan bahwa penerapan work from home akan meningkatkan produktivitas karyawan. hal ini ini terjadi karena tingkat stres bekerja semakin berkurang sehingga produktivitas kerja bertambah. Beberapa hal yang bisa menyebabkan stres seperti macet di jalan, pekerjaan yang menumpuk, masalah teman kerja dan masalah-masalah lain yang sering ditemui pada kantor yang menyebabkan kurangnya semangat kerja. 

biaya operasional menurun

Salah satu kelebihan dari penerapan work from home adalah penurunan biaya operasional seperti listrik, air dan biaya utilitas lainya. Perusahaan tidak perlu menyediakan komputer, tempat kerja, internet, listrik dan makan siang untuk pekerja. Ini bisa menambah pundi-pundi pemasukan bagi perusahaan yang menerapkan work from home.

flexible

Dalam bekerja, work from home lebih fleksibel terutama saat bosan bekerja. Anda bisa pindah dari meja kerja menuju ruang tamu, teras, taman, kamar atau ruangan lain di rumah yang nyaman untuk bekerja. Selain fleksibel masalah tempat bekerja, dalam hal waktu work from home juga fleksibel bisa disesuaikan. Yang terpenting saat bekerja dari rumah karyawan bisa bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

penyebaran penyakit dan virus berkurang

Dengan penerapan work from home aktivitas fisik yang dilakukan di kantor akan berkurang. hal ini tentu akan meminimalkan menularnya penyakit dari satu orang ke yang lainya. penyebaran virus pun dapat dicegah dengan berkurangnya intensitas pertemuan karyawan ini. 

work life balance meningkat

Work life balance adalah keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan bekerja dari rumah Anda bisa lebih dekat dengan keluarga dan lingkungan sekitar sehingga life balance terpenuhi. Keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan ini bisa tercapai saat dirinya memiliki produktivitas kerja yang baik sehingga bisa mengalokasikan waktu sesuai dengan porsinya masing-masing.


Kelemahan penerapan Work From Home

selain kelebihan yang telah dipaparkan sebelumnya. work from home ternyata juga memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan antara lain : 

Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah

meskipun telah ada himbauan kepada seluruh perusahaan untuk menerapkan work from home. namun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. pekerja operasional seperti operator produksi, mekanik, office boy, dan cleaning service adalah beberapa contoh dari pekerjaan yang tidak mungkin menerapkan work from home. 

Banyak gangguan kerja

bagi pekerja yang sudah mempunyai keluarga apalagi anak. tentu work from home tidak bisa menjadi hal yang mudah. pasalnya penerapan work from home juga diikuti dengan kebijakan belajar dari rumah untuk anak sekolah. anak yang biasanya berkegiatan di sekolah kini juga harus berada dirumah. biasanya anak membutuhkan atensi yang lebih oleh orang disekitarnya. secara otomatis bila anak rewel maka pekerjaan yang dilakukan secara work from home juga dapat terganggu. 

Sering miskomunikasi

komunikasi yang paling efektif adalah berkomunikasi secara langsung. meskipun saat ini banyak sekali teknologi yang membantu kita dalam berkomunikasi, namun banyak faktor yang menyebabkan komunikasi terganggu seperti sinyal yang kurang baik. karena tidak bertemu secara langsung work from home seringkali menyebabkan adanya miskomunikasi. untuk itu anda disarankan memiliki jaringan internet yang baik, atau setidaknya hal-hal yang dirasa penting bisa disampaikan dengan jelas secara tertulis. 

Monitoring pekerja susah

monitor pekerja yang melakukan work from home adalah hal yang krusial. tidak bisa dipungkiri kontrol terhadap pekerjaan yang dilakukan dari rumah adalah hal yang wajib dilakukan. monitor karyawan untuk tidak bepergian saat jam kerja juga merupakan hal yang susah untuk dilakukan. perusahaan dapat menerapkan kebijakan absensi secara online dan juga mencatat aktifitas dari pekerjaan yang dilakukan karyawan. memberikan target kepada karyawan juga merupakan hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan work from home. 


menerapkan work from home memang tidak semudah yang dibayangkan. tetapi ditengah pandemi yang terjadi. sudah menjadi tanggung jawab bersama bagi kita semua untuk saling menjaga agar virus tidak semakin berkembang di masyarakat. bagi perusahaan yang ingin menerapkan work from home dengan kontrol maksimal terhadap karyawan anda bisa menggunakan paket spesial dari JPayroll. JPayroll adalah aplikasi pengelola sumber daya manusia yang terintegrasi memungkinka anda untuk melakukan pengelolaan data karyawan, kehadiran serta payroll secara terintegrasi. saat ini JPayroll tengah mengadakan campaign pengelolaan karyawan yang bekerja dari rumah atau work from home. dengan paket spesial ini karyawan bisa melakukan absensi secara online dari rumah dan anda akan mendapatkan informasi absensi karyawan beserta lokasi GPS dan juga foto sebagai bukti bahwa karyawan benar bekerja di rumah. selain itu di dalam paket ini karyawan juga dapat menginputkan jurnal aktivitas selama bekerja di rumah. terakhir perusahaan juga dapat menilai kinerja karyawan dengan menetapkan target dan deadline pekerjaan. dengan hal ini perusahaan akan mendapatkan penilaian karyawan secara otomatis selama melakukan work from home. 


anda bisa mencoba aplikasi ini secara gratis untuk sebulan. info lebih lanjut bisa anda dapatkan disini.




 

Author


Avatar