Pinjaman karyawan oleh perusahaan merupakan salah satu hal yang menarik bagi karyawan. Dengan adanya fasilitas pinjaman ini karyawan merasa cukup terbantu dalam mengatasi permasalahan keuangan. Fasilitas pinjaman biasanya dimanfaatkan oleh karyawan yang  memiliki kebutuhan dana tunai secara mendesak atau ingin melakukan pembelian aset seperti pembelian rumah atau mobil. Tingginya harga aset dan terbatasnya opsi pembiayaan serta pengenaan bunga yang tidak masuk akal membuat fasilitas pinjaman karyawan oleh perusahaan ini menjadi salah satu opsi yang menarik bagi karyawan.  Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan yang menerapkan fasilitas pinjaman ini antara lain :

  1. Loyalitas karyawan yang semakin meningkat
  2. Kinerja karyawan meningkat
  3. Meningkatkan focus kerja karyawan

Meskipun penerapan fasilitas pinjaman atau yang lebih dikenal dengan employee loan ini memberikan manfaat bagi perusahaan, namun banyak yang berpendapat bahwa penerapan employee loan memiliki resiko tinggi dan dampak yang kurang baik. Salah satu kekhawatiran terbesar adalah cash flow perusahaan yang akan terganggu,  belum lagi apabila terdapat karyawan yang tidak dapat membayar pinjaman yang telah diberikan. Sebelum menjalankan program ini, perusahaan sebaiknya melakukan analisa yang mendalam, melakukan perencanaan yang matang serta merumuskan aturan yang jelas tentang pinjaman kepada karyawan agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Kalaupun terjadi kesalahpahaman, sudah ada hitam di atas putih yang membantu menyelesaikan perkara. Berikut ini beberapa hal yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum menerapkan fasilitas employee loan :

Dokumentasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perusahaan diharapkan telah melakukan analisa dan perencanaan yang mendalam sebelum menerapkan fasilitas employee loan. Mempersiapkan dokumen seperti kontrak atau form pengajuan pinjaman merupakan hal yang wajib dilakukan karena perusahaan tentu tidak menginginkan adanya kesalah pahaman terjadi di kemudian hari. Sistem pencatatan pembayaran pinjaman juga harus dipikirkan dengan matang agar dapat membantu bagian finance atau accounting  dalam melakukan pembukuan.

Bunga Terjangkau

Penerapan bunga terhadap pinjaman karyawan sebaiknya dilakukan agar tidak merugikan cash flow perusahaan. Tentunya penerapan bunga haruslah yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Sosialisasi

Penerapan fasilitas employee loan dapat memiliki banyak schema yang rumit tergantung dengan kondisi perusahaan. Syarat pengajuan pinjaman, schema pembayaran, dan schema pelunasan merupakan hal yang harus dipahami betul oleh semua pihak yang menggunakan fasilitas ini. Sosialisasi mengenai fasilitas loan kepada karyawan haruslah dilakukan dengan sejelas mungkin agar menghindari perselisihan dikemudian hari.

Link To Payroll

Skema pembayaran cicilan yang paling baik adalah dengan memperhitungkanya dalam pembayaran gaji atau payroll. Dengan melakukan pemotongan proporsional setiap bulanya karyawan tidak akan terbebani untuk melakukan pembayaran. Dengan melakukan pemotongan gaji berupa pembayaran cicilan juga dapat dijadikan jaminan akan kelancaran pembayaran pinjaman itu sendiri.

Penerapan fasilitas pinjaman dapat menjadi sangat kompleks tergantung dari kondisi dan size perusahaan. Memiliki jumlah karyawan yang banyak akan membuat penerapan fasilitas loan menjadi lebih kompleks. Saat ini masih terdapat banyak pro dan kontra dalam pentingnya penerapan fasilitas employee loan dikarenakan analisa manfaat – resiko serta dampak yang mungkin timbul. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju kini telah banyak berkembang software payroll atau HRIS yang telah mendukung fasilitas employee loan. Dengan adanya kemudahan yang ada sekarang, perlukah perusahaan anda untuk menerapkan fasilitas employee loan ? diskusikan denga­n kami. 

Paste your AdWords Remarketing code here