Pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan atau yang biasa disebut musim pancaroba seringkali membuat kondisi seseorang menjadi kurang fit. Seseorang dapat dengan mudah terjangkit penyakit saat kondisinya tidak fit. Kondisi tersebut seringkali membuat seseorang menjadi sakit dan mengharuskan mereka untuk beristirahat. Hal ini dapat terjadi kepada siapapun tidak terkecuali untuk karyawan anda. Hal yang menyebalkan terjadi saat musim pancaroba adalah munculnya fenomena sakit berjamaah. Kondisi terjadi bukan karena disengaja, karena memang virus yang menyebar bisa menular di area kerja di perusahaan anda. Lalu bagaimana mencegah agar penyakit tidak berkembang di areka kerja perusahaan anda? Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan :

1. Sediakan fasilitas kesehatan diperusahaan anda.
Beberapa perusahaan besar menyediakan klinik kesehatan lengkap dengan dokter, perawat serta fasilitas medis lainya. Apabila anda perusahaan kecil dan menengah anda tidak perlu sampai menyediakan klinik kesehatan. Cukup sediakan medical corner dengan fasilitas medis standard seperti kotak first aid kit atau p3k, masker, vitamin c dan obat-obatan rumahan lainya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi karyawan agar tetap fit di musim penyakit seperti musim pancaroba.

2. Mintalah karyawan yang sakit untuk pulang dan istirahat dirumah.
Karyawan yang sudah terlanjur sakit biasanya akan meninggalkan virus dan menularkan penyakitnya kepada karyawan lain. Apalagi apabila kantor anda merupakan ruangan tertutup dengan air conditionier yang membuat penyebaran virus makin cepat. Efek domino biasanya terjadi untuk kantor yang memiliki area kerja tertutup. Apabila ada karyawan anda yang sudah sakit sebisa mungkin mintalah kepada mereka untuk pulang, memeriksakan diri ke dokter dan beristirahat. Meskipun terkesan jahat karena menyuruh mereka pulang namun hal ini sangat penting agar penyakit tidak menular ke pekerja lain. Apabila penyakit sudah menular ke semua karyawan maka operasional perusahaan juga akan terganggu.

3. Berikan fasilitas asuransi kesehatan kepada karyawan.
Seperti yang kita tahu bahwa setiap perusahaan wajib mendaftarkan setiap pekerjanya kedalam program BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Asuransi kesehatan seperti BPJS kesehatan penting bagi karyawan untuk bisa memeriksakan diri mereka ke dokter secara gratis. Dengan mendaftarkan pekerja kedalam asuransi kesehatan, maka sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak pergi ke dokter saat sedang sakit.

4. Sediakan fasilitas kerja remote dari rumah.
Trend bekerja dari rumah secara remote belakangan kian diminati karena selain praktis pekerja juga tidak perlu pergi ke kantor dan berinteraksi dengan rekan kerja lain secara langsung. Pada saat kondisi kurang fit bekerja dari rumah bisa menjadi alternatif karena dapat mengurangi kemungkinan resiko terjangkit virus yang ada diluar. Meski bekerja dari rumah bukan berarti pekerja bisa malas – malasan dan tidak bekerja seharian. Tentukan deadline dan target untuk karyawan yang ingin bekerja dari rumah secara remote sehingga produktifitas tetap terjaga dengan resiko wabah penyakit yang berkurang.

Musim pancaroba memang seringkali membawa penyakit. Sebelum terjangkit penyakit dan menjadi tidak produktif tidak ada salahnya anda mempertibangkan beberapa hal diatas. Seperti banyak orang bilang sebaiknya sedia payung sebelum hujan bukan? maka bila penyakit dapat dicegah kenapa harus sakit.

Paste your AdWords Remarketing code here