Memasang iklan lowongan pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap recruiter. Tanpa mengiklankan lowongan pekerjaan anda, maka dapat dipastikan tidak akan ada yang melamar untuk posisi yang anda buka. Mengiklankan lowongan pekerjaan juga bukan merupakan perkara yang mudah. Karena setiap media lowongan pekerjaan memiliki karakteristik yang berbeda beda dan tentunya akan menghasilkan hasil yang berbeda pula. Memahami dan mengenali media iklan lowongan pekerjaan dengan baik membantu anda untuk memetakan dimana seharusnya anda melakukan promosi iklan lowongan pekerjaan di perusahaan anda. Untuk itu berikut beberapa tips yang berguna dalam memilih media lowongan yang efektif :

Tentukan budget

Sebelum anda mengiklankan suatu lowongan pekerjaan. Pastikan anda sudah mengerti media iklan seperti apa yang anda inginkan. Tentukan budget dari kebutuhan recruitment anda. Apabila anda memiliki kebutuhan recruitment dalam jumlah besar maka anda akan membutuhkan budget iklan yang lebih besar. Anda juga harus menyiapkan budget yang lebih besar bila anda ingin mendapatkan kandidat yang berkualitas. Penyedia jasa iklan lowongan pekerjaan biasanya menawarkan produk mereka dalam bentuk paket berupa slot lowongan pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Semakin lama kurun waktu atau semakin banyak slot yang anda pilih maka biaya yang akan timbul juga biasanya akan lebih besar. Beberapa penyedia layanan juga memberikan stand out service yang akan membuat iklan anda lebih sering dimunculkan dengan tampilan konten yang lebih menarik. Apabila kebutuhan recruitment anda cukup banyak dan menginginkan kandidat yang lebih bervariasi, pertimbangkanlah untuk mempublikasikan iklan anda di lebih dari 1 penyedia layanan. Hal ini akan semakin menarik jumlah base pelamar dari masing masing penyedia layanan iklan lowongan pekerjaan.

Tentukan segment

Saat anda melakukan proses recruitment tentu anda sudah memiliki kriteria untuk kandidat yang akan diterima. Kriteria yang telah anda tentukan akan sangat berpengaruh pada pemilihan media iklan lowongan. Pada dasarnya tiap tiap penyedia layanan iklan lowongan pekerjaan sudah memiliki database pelamar sesuai dengan karakteristik nya masing masing. Terdapat penyedia layanan yang memiliki database pencari kerja dengan kriteria IT. Atau terdapat penyedia layanan yang kebanyakan usernya adalah lulusan SMA. Dengan adanya spesialisasi yang dimiliki dari tiap penyedia layanan iklan lowongan ini anda dapat mengiklankan lowongan anda sesuai dengan kriteria yang anda miliki dan mendapatkan base pelamar yang sesuai dengan spesialisasi yang ditawarkan oleh penyedia layanan iklan lowongan.

Buat konten iklan yang menarik

Hal yang akan membuat seseorang melamar lowongan anda adalah postingan iklan lowongan anda. Buatlah konten yang menarik untuk mendapatkan pelamar yang lebih banyak. Konten yang menarik juga membuat brand value dimata pelamar semakin baik. Dengan menaikan brand value akan membuat perusahaan anda terlihat lebih bonafit. Memasukan beberapa foto dari kegiatan perusahaan anda atau perlihatkan suasana kerja yang menyenangkan untuk menarik perhatian para pelamar.

Banyak orang yang setuju bahwa mencari kandidat pegawai sama seperti halnya mencari jodoh. Untuk menemukan pasangan terbaik maka anda harus berusaha dengan maksimal. Mencari pegawai berkualitas pun anda haruslah dapat memanfaatkan media yang ada salah satunya iklan yang masih merupakan media pencari kerja yang paling banyak diminati.

Paste your AdWords Remarketing code here