Tata kelola program BPJS sudah menjadi hal yang penting bagi perusahaan, terutama karena program ini berkaitan dengan kesejahteraan karyawan dan kewajiban perusahaan. Membanguns ebuah sistem manajemen yang efektif untuk pengelolaan program BPJS menjadi salah satu langkah penting dalam memastikan perusahaan sudah memenuhi kewajibannya dengan baik. 

Alasan pentingnya tata kelola program BPJS:

Kesejahteraan Karyawan

Program BPJS memberikan berbagai macam perlindungan kepada karyawan seperti kesehatan, ketenagakerjaan dan pensiun.Memastikan program ini dikelola dan diberikan dengan baik dapat memberikan karyawan rasa aman dan dihargai. Sehingga hal ini akan membuat karyawan menjadi lebih produktif dan loyal terhadap perusahaan.

Kepatuhan Hukum

Dalam peraturan pemerintah, dikatakan bahwa perusahaan memiliki kewajiban secara hukum untuk mendaftarkan karyawan mereka dalam program BPJS dan membayar iuran nya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Sistem manajemen yang efektif akan sangat membantu perusahaan dalam melakukan perhitungan iuran serta pembayaran yang tepat waktu. Sehingga terhindar dari berbagai risiko sanksi ataupun denda.

Efisiensi Operasional

Penggunaan sistem manajemen yang terintegrasi untuk pengelolaan BPJS dapat meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Seperti penghematan waktu dalam proses administrasi, peningkatan akurasi data juga pengurangan risiko.

Memahami tata kelola BPJS dapat membantu perusahaan untuk memastikan bahwa kewajiban secara hukum terpenuhi dan memberikan manfaat kepada karyawan serta membangun lingkungan kerja yang positif. Setelah memahami tentang tata kelola BPJS maka sudah saatnya perusahaan menerapkan beberapa langkah untuk membangun sistem manajemen yang efektif. 

Langkah untuk membangun sistem manajemen yang efektif

Pemahaman terhadap Ketentuan Hukum

Penting bagi perusahaan untuk dapat memahami dengan baik ketentuan-ketentuan hukum terkait dengan program BPJS. Seperti kewajiban dalam membayar iuran, prosedur pendaftaran karyawan, pembaruan data dan pelaporan.

Pengembangan Kebijakan dan Prosedur

Perusahaan juga perlu menerapkan kebijakan dan prosedur yang jelas terkait dengan program BPJS. Mencakup prosedur pendaftaran karyawan, pembayaran iuran, manajemen klaim dan tata penyelesaian masalah terkait program BPJS.

Pelatihan Karyawan

Selenggarakan pelatihan untuk karyawan tentang program BPJS. Edukasi mereka tentang manfaat jaminan sosial, prosedur penggunaan program, hak dan kewajiban karyawan juga tata cara melaporkan klaim.

Penerapan Software System

Implementasikan sebuah sistem yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola program BPJS. Umumnya program payroll dapat melakukan berbagai administrasi terkait BPJS seperti, mengelola data karyawan, memantau pembayaran iuran, melacak klaim dan laporan yang berkaitan dengan BPJS.

Dengan penerapan beberapa langkah ini perusahaan dapat memaksimalkan administrasi terkait dengan BPJS. Hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk menghindari risiko kesalahan manusia serta meningkatkan akurasi dalam perhitungan serta monitor klaim.